19 April 2021
Tips Aman dan Menyenangkan agar Si Kecil Belajar Mandi Sendiri!
Shares

Mengajarkan Si Kecil untuk mandi sendiri sangat penting untuk dilakukan, apalagi jika ia mulai beranjak besar, Moms! Selain melatih kemandirian, membiarkan Si Kecil untuk mandi sendiri juga bisa menumbuhkan kepedulian tentang kebersihan tubuhnya sejak dini. Agar Si Kecil tetap aman saat mandi sendiri, siapkan beberapa hal ini, yuk!

 

1. Pasang Pelindung dan Anti-Licin

Lantai yang licin bisa jadi salah satu hal yang membahayakan Si Kecil, terlebih jika ia suka bermain saat mandi. Agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan, pasang keset anti-licin di seluruh lantai kamar mandi, ya. Selain itu, Moms juga bisa memasang pegangan antislip di sekitar tempat Si Kecil mandi, seperti bath tub atau sisi shower.

2. Perhatihan suhu air

Jika kamar mandi Moms memiliki pemanas air, pantau temperatur air untuk Si Kecil mandi. Selain itu, beritahu ia mana keran untuk menyalakan air dingin dan panas, ya. Pastikan Moms memberitahu Si Kecil untuk menyalakan keran air dingin terlebih dahulu dan berhati-hati terhadap keran air panas karena dapat menimbulkan luka bakar. Bila kamar mandi dilengkapi bath tub, pastikan untuk mencampur atau meratakan air dingin dan panas serta mengeceknya sebelum Si Kecil memasuki bath tub.

3. Tinggi air bath tub

Khusus bagi Moms yang menggunakan bath tub di rumah, pastikan tinggi air tidak melebihi pusar Si Kecil, ya. Hal ini dilakukan untuk mencegah risiko tenggelam atau tersedak air untuk mandi.

4. Beri pemahaman sebelum praktik

Mengajarkan Si Kecil tentang hal-hal dasar yang perlu ia perhatikan saat mencoba mandi sendiri juga bisa membantunya untuk melakukannya dengan baik, lho! Misalnya, Moms bisa membuat gambar tahapan membersihkan tubuh, mulai dari menggosok gigi, membersihkan anggota badan, hingga keramas sendiri. Jangan lupa juga untuk memberitahu Si Kecil mana bodywash, dan mana shampoo-nya.

5. Biarkan ia memilih bodywash dan shampoo sendiri

Jadikan kegiatan mandi sendiri sebagai hal yang menyenangkan baginya! Agar ia lebih semangat, biarkan Si Kecil memilih aroma bodywash dan shampoo-nya sendiri. Kodomo juga punya beberapa varian, lho! Ia bisa pilih wangi buah segar sepuasnya, seperti strawberry, blueberry, orange, atau cherry. Selain itu, Kodomo Bodywash juga dilengkapi dengan Bubble Stick agar ia bisa mandi sambil main bubble!

6. Tetap beri pengawasan

Mandi sendiri bukan berarti melepas Si Kecil sendirian di kamar mandi, ya, Moms! Tetap awasi Si Kecil namun biarkan ia untuk melakukan semua sendiri. Moms cukup memandu atau mengingatkan jika ia lupa untuk membersihkan bagian tubuh tertentu. Selain itu, agar ia tidak terlalu lama di kamar mandi hingga lupa waktu, Moms bisa memberikan tenggat waktu, misalnya setengah jam untuk mandi sendiri.

 

Nah, itulah beberapa hal yang harus Moms perhatikan agar Si Kecil bisa belajar mandi sendiri dengan aman dan menyenangkan. Apa lagi hal yang Moms lakukan untuk mempersiapkan kemandirian buah hati?


Perhatian! Login/Register terlebih dahulu untuk mengirim komentar

0 Komentar

Tidak ada komentar untuk artikel ini.