09 July 2021
Kulit Kepala Si Kecil Berkerak? Apa Penyebab dan Bagaimana Mengatasinya?
Shares

Semua orang dapat mengalami kulit kepala kering, termasuk bayi kesayangan Moms. Namun, terkadang sulit untuk menentukan penyebab utama kering pada kulit kepala dan juga cara mengatasinya. Agar kulit kepala Si Kecil tetap sehat dan bebas dari masalah, yuk, cari tahu lebih dalam tentang kulit kepala kering dan apa saja yang bisa Moms lakukan.

 

Apa penyebab kulit kepala kering pada bayi?

Salah satu penyebab umum kulit kepala kering hingga berkerak pada bayi adalah sebuah kondisi yang disebut sebagai cradle cap atau dermatitis seboroik. Walaupun belum diketahui pemicunya, namun kondisi ini dipercaya dapat muncul karena adanya kombinasi antara faktor genetis dan lingkungan. Tak hanya itu, cradle cap juga terkadang disebabkan oleh munculnya sejenis jamur pada sebum di bawah kulit.

 

Cradle cap ditandai dengan munculnya lapisan kerak pada kulit kepala dan berwarna putih atau kekuningan. Jika Si Kecil mengalami kondisi ini, ada kemungkinan bahwa kerak ini muncul di bagian berminyak lainnya, seperti ketiak, selangkangan, atau telinga. Namun Moms bisa sedikit tenang karena cradle cap ini tidak menimbulkan gatal atau mengganggu Si Kecil.

 

Bagaimana cara mengatasi cradle cap?

Walaupun tak mengganggu Si Kecil, namun Moms tetap harus mengatasi cradle cap ini agar tidak menimbulkan masalah yang lebih serius lagi. Untuk mengatasinya, lakukan beberapa cara ini:

- Bersihkan kulit kepala bayi secara teratur dengan sampo khusus bayi. Hindari menggunakan sampo dewasa, ya, Moms!

- Usap perlahan menggunakan sisir sikat untuk menghilangkan kerak sedikit demi sedikit. Jangan mengelupasi kerak karena bisa menimbulkan luka yang berujung pada infeksi.

- Beri petroleum jelly atau baby oil dan biarkan semalaman lalu bilas dengan sampo khusus bayi.

 

Supaya mengatasi cradle cap bisa lebih maksimal, gunakan Kodomo Baby Top to Toe yang khusus diformulasi untuk menjaga kebersihan dan kelembapan, mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki bayi. Mengandung Aloe Vera dan Wheat Germ Oil yang menjaga kelembapan alami kulit tubuh hingga kulit kepala bayi serta Vitamin E & Pro Vit B5 yang dapat menutrisi rambut bayi.


Perhatian! Login/Register terlebih dahulu untuk mengirim komentar

0 Komentar

Tidak ada komentar untuk artikel ini.