09 July 2021
5 Tanda dan Masalah Umum pada Kulit Sensitif Bayi
Shares

Kulit melindungi bayi dari berbagai risiko yang berasal dari lingkungan. Dan secara umum, kulit bayi lebih sensitif dibandingkan orang dewasa. Kulit bayi yang lebih sensitif ini sebenarnya masih dalam tahap pertumbuhan. Selain itu, kulit Si Kecil belum banyak terekspos berbagai macam bakteri atau hal negatif lain bagi kulitnya. Walaupun begitu, bukan berarti kulit Si Kecil tidak butuh perhatian khusus. Dalam beberapa kasus, kondisi kulit Si Kecil yang lebih sensitif bisa dilihat dengan berbagai tanda. Apa saja tanda umum yang bisa Moms ketahui dan butuh perawatan lebih?

 

1. Kulit kering

Kulit kering merupakan salah satu tanda paling umum bagi pemilik kulit sensitif, termasuk pada bayi. Saat bayi mengalami kulit kering, sebaiknya hindari produk dengan wewangian kuat atau mengandung bahan kimia yang tidak diperuntukkan bagi bayi. Pilih produk yang diformulasi khusus untuk kulit bayi yang sekaligus bisa melembapkan.

 

2. Kulit kemerahan

Seperti halnya kulit kering, kulit kemerahan juga merupakan tanda umum kulit sensitif. Kulit kemerahan dapat disebabkan karena perubahan cuaca, terpapar angin dalam jangka waktu lama, atau gesekan kulit dengan bahan pakaiannya. Mulai dengan mencari tahu penyebab kemerahan pada kulit bayi agar bisa menentukan penanganan yang tepat.

 

3. Ruam popok

Bercak merah yang tampak menonjol pada daerah sekitar popok bayi merupakan iritasi yang terjadi karena kulit bayi yang lebih sensitif. Sisa urine dan feses di popoknya dapat mengiritasi kulit sensitifnya dan menjadi penyebab utama masalah kulit pada bayi ini.

 

4. Jerawat bayi

Ternyata bukan cuma orang dewasa yang bisa berjerawat, bayi juga bisa, Moms! Bintik-bintik kecil berwarna kemerahan atau putih pada kulit Si Kecil umumnya menyebar di daerah pipi, kening, dan hidung. Walaupun begitu, Moms tidak perlu panik karena biasanya dapat hilang dengan sendirinya.

 

5. Eksim

Beberapa bayi dapat mengalami kondisi kulit yang disebut sebagai eksim atau atopic dermatitis. Kulit bayi Moms dapat tampak kemerahan dan agak lembap atau terlihat seperti ruam yang cukup serius. Pada bayi baru lahir, umumnya eksim ini bisa muncul pada bagian kulit kepala atau wajahnya. Jika eksim tetap muncul seiring pertumbuhannya, maka dapat menyebar ke daerah siku atau lutut. Kulit kering, keringat berlebih, atau paparan dengan penyebab iritasi bisa menimbulkan eksim berulang.

 

Agar kulit bayi yang sensitif tetap bersih dan bebas dari masalah, pilih produk perawatan khusus bayi. Kodomo Baby Top to Toe merupakan produk bodywash dan shampoo bayi dalam satu kemasan yang telah teruju secara klinis dan lembut untuk bayi. Mengandung Aloe Vera dan Wheat Germ Oil untuk menjaga kelembapan alami kulit bayi. Diperkaya pula dengan Vitamin E & Pro Vit B5 yang bisa menutrisi rambut bayi agar tetap sehat dan berkilau. Tak perlu cemas kulit bayi menjadi kering karena Kodomo Baby Top to Toe minim busa serta dibuat dengan no more tears formula, pH Balanced dan Hypoallergenic yang aman bagi kulit bayi. Segera dapatkan Kodomo Baby Top to Toe di supermarket, minimarket, atau e-commerce kesayangan Moms.


Perhatian! Login/Register terlebih dahulu untuk mengirim komentar

0 Komentar

Tidak ada komentar untuk artikel ini.