09 July 2021
7 Tips Penting agar Si Kecil Mandiri Menyikat Gigi
Shares

Menyikat gigi merupakan salah satu kegiatan yang penting untuk dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut Si Kecil. Mengajarkan cara menyikat gigi dengan benar kepada Si Kecil sejak dini jadi hal wajib yang Moms lakukan agar terbentuk kebiasaan baik untuk menanamkan kesadaran diri akan pentingnya kebersihan diri, terutama gigi dan mulut. Untuk mengajarkan Si Kecil, ikuti beberapa tahapan mudah ini, yuk!

 

Ajarkan teknik menyikat gigi dengan benar

Walaupun sudah terbiasa menyikat gigi, namun Moms perlu mengecek apakah teknik yang digunakan sudah benar atau belum. Teknik yang disarankan untuk menyikat gigi adalah dengan memegang gagang sikat gigi dengan sudut 45 derajat dari garis gusi. Bersihkan permukaan gigi dengan gerakan memutar di area yang kecil dan lakukan hingga seluruh bagian gigi bersih.

 

Bantu ia menyikat gigi

Tak harus langsung praktik untuk menyikat gigi, awali dengan terbiasa untuk menyikatkan gigi Si Kecil sejak gigi pertamanya mulai tumbuh. Sembari menyikatkan gigi dan gusinya dengan sikat gigi khusus anak, seperti Kodomo Toothbrush, jangan lupa untuk menjelaskan apa yang Moms lakukan dan apa manfaatnya bagi kesehatan diri Si Kecil. Dengan menjalankan kegiatan ini secara teratur, Si Kecil dapat menyerap informasi tersebut dan kesadaran akan kebersihan diri mulai tumbuh sejak dini. Selain itu, menyikatkan gigi Si Kecil juga bisa membantunya untuk merasakan bagaimana rasanya menyikat gigi dengan benar. Ini bisa membantunya merasakan saat belajar menyikat gigi sendiri.

 

Praktikkan sendiri

Contoh dari orang tua merupakan hal terbaik yang bisa Moms lakukan. Saat belajar menyikat gigi, Moms bisa mempraktikkan teknik menyikat gigi dengan benar. Hal ini efektif dilakukan karena Si Kecil di awal pertumbuhannya cenderung meniru orang-orang di sekitarnya.

 

Biarkan ia menyikat gigi sendiri

Saat ia sudah menguasai teknik menyikat gigi dengan benar, biarkan ia untuk menyikat giginya sendiri. Mulai dengan mengawasi di samping Si Kecil hingga melihat dari kejauhan dapat Moms lakukan dan melatih kemandiriannya. Usai ia menyikat gigi sendiri, Moms bisa melakukan inspeksi kecil untuk melihat apakah masih ada sisa kotoran yang tertinggal di sela gigi. Inspeksi sederhana ini bisa dilakukan untuk memastikan ia menguasai cara menyikat gigi, ya, Moms.

 

Gunakan sikat gigi yang tepat

Bukan hanya harus tekniknya saja yang benar, tapi peralatan yang digunakan juga harus tepat. Pilih sikat gigi dengan kepala sikat kecil yang sesuai dengan usianya. Jika ia menggunakan sikat gigi orang dewasa, maka ia tidak bisa menjangkau hingga ke gigi bagian dalam serta berpotensi melukai gigi dan mulut Si Kecil. Pilih Kodomo Toothbrush yang dilengkapi dengan kepala sikat ramping dan pas untuk anak-anak serta dihiasi dengan karakter favorit Si Kecil. Tersedia dalam beberapa pilihan gambar lucu yang bisa ia pilih sendiri.

 

Tonton video menyikat gigi

Menonton video tentang teknik menyikat gigi dengan cara yang menyenangkan juga bisa menjadi salah satu cara, Moms. Akan lebih baik jika video yang ditonton diiringi dengan lagu lucu yang bisa dengan mudah ia ingat.

 

Bermain dengan mainannya

Jika Si Kecil memiliki boneka lucu kesayangan, jangan lupa untuk melibatkannya, ya. Ajak Si Kecil untuk berpura-pura menyikat gigi boneka kesayangannya. Hal ini dapat mengasah ingatan Si Kecil karena ia harus melakukan hal yang sama dengan yang Moms lakukan, yakni memberikan penjelasan mengapa sikat gigi itu wajib.

 

Mengajarkan Si Kecil untuk menyikat gigi tak sesulit yang Moms bayangkan. Siapkan beberapa cara unik dan menyenangkan yang ia sukai agar ia makin semangat untuk belajar, ya. Jangan lupa, sediakan New Kodomo Toothpaste Gel yang diperkaya Fluoride dan Xylitol untuk gigi tetap kuat, dan tak berlubang serta menjaga kesehatan mulut Si Kecil. Dapatkan sekarang di minimarket atau supermarket kesayangan Moms atau beli via e-commerce juga bisa!


Perhatian! Login/Register terlebih dahulu untuk mengirim komentar

0 Komentar

Tidak ada komentar untuk artikel ini.