16 June 2021
Si Kecil Mulai Mengonsumsi Makanan Padat Pertama, Siapkan Hal Ini!
Shares

Si Kecil mulai mengonsumsi makanan padat dan Moms tidak tahu apa yang harus dipersiapkan? Tenang, Moms! Agar proses Si Kecil belajar mengomsumsi makanan padat semakin lancar, Moms hanya perlu menyiapkan beberapa hal sederhana dan tentunya Moms tetap bisa menjalani kegiatan tanpa hambatan. Apa saja yang perlu disiapkan? Cek bersama, yuk!

 

Atur jadwal makan harian

Si Kecil yang memulai makanan padat pertamanya harus difokuskan untuk makan. Maka dari itu, mulai kebiasaan setiap hari saat Moms mulai membersihkan tangannya dengan Kodomo Baby Wipes yang aman untuk kulit Si Kecil yang sensitif. Selain membersihkan tangannya, coba tenangkan terlebih dahulu dan dudukkan ia di kursi bayi khusus. Saat mulai makan, pastikan lingkungannya dalam keadaan tenang dan tidak memasang TV atau musik yang dapat mendistraksi Si Kecil. Hal ini dapat membantu Si Kecil untuk fokus dan mengenali perasaan kenyang yang ia rasakan.

 

Bersabar dan tetap lakukan dengan rutin

Memulai makanan padat pertama memang tidak mudah. Si Kecil butuh penyesuaian dan merasa nyaman dengan makanan yang Moms berikan serta sensasi makanan masuk ke dalam mulutnya. Si Kecil mungkin saja memasang ekspresi berbeda-beda saat Moms memberikan makanan dengan tekstur dan rasa berbeda. Namun, hal itu normal karena ia baru saja merasakan berbagai jenis rasa dan tekstur, terlepas dari ASI.

 

Bersiap untuk “berantakan”

Sisa makanan di sekitar wajah, tangan, bahkan baju Si Kecil memang tidak dapat dihindari. Hal ini merupakan bagian dari pembelajaran dan bukan jadi suatu hal yang harus Moms khawatirkan. Untuk mencegah makanan berantakan ke mana-mana, siapkan bib yang digunakan setiap ia hendak makan. Nah, saat menggunakan bib ini, Si Kecil baru boleh mengeksplorasi cara makan dan bisa mengonsumsi makanan dengan kreativitasnya sendiri. Agar bersih-bersih lebih mudah, siapkan Kodomo Baby Wipes, tisu basah serbaguna yang aman digunakan untuk kulit sensitif Si Kecil. Selain itu, Kodomo Baby Wipes juga mampu membunuh bakteri hingga 99.9% serta bebas alkohol dan paraben. Dengan Kodomo Baby Wipes, membersihkan kulit Si Kecil jadi lebih mudah dan aman.

 

Perhatikan nutrisi

Si Kecil yang masih dalam masa perkembangan tentunya membutuhkan nutrisi khusus yang harus dipenuhi setiap harinya. Oleh karena itu, cek nutrisi apa saja yang ia butuhkan dan bahan apa saja yang kaya akan nutrisi tersebut dan bisa diberikan kepada Si Kecil. Misalnya, Moms bisa memberikan makanan yang kaya akan nutrisi, seperti brokoli, apel, salmon, pisang, alpukat, atau labu kuning. Untuk makanan pertama Si Kecil, disarankan untuk memberikan makanan halus terlebih dahulu dan tambahkan tekstur perlahan seiring bertambahnya usia. Selain itu, hindari untuk memberikan perasa, seperti garam, gula, atau madu ke dalam makanan Si Kecil karena tidak baik bagi perkembangannya. Moms boleh memberikan perasa saat ia mulai besar dan memiliki sistem pencernaan yang lebih kuat.

 

Itulah beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk memberikan makanan padat pertama Si Kecil. Apa saja makanan padat yang sudah Moms berikan kepada Si Kecil? Jangan lupa untuk selalu mencari resep baru untuk mengolah bahan makanan yang sama agar Si Kecil tidak cepat bosan, ya!


Perhatian! Login/Register terlebih dahulu untuk mengirim komentar

0 Komentar

Tidak ada komentar untuk artikel ini.