16 June 2021
Mulut Si Kecil Berbau Tak Sedap? Kenali Penyebabnya!
Shares

Si Kecil mungkin menggemaskan dengan segala tingkahnya yang lucu. Namun, semua itu bisa terganggu oleh masalah bau mulut. Tak hanya orang dewasa, Si Kecil juga bisa mengalami masalah bau nafas yang tak sedap karena beberapa hal. Agar dapat mencegahnya, kenali dulu beberapa penyebabnya, yuk!

 

Kebersihan mulut tak terjaga

Saat gigi Si Kecil mulai tumbuh, ia mulai mengenal rutinitas menjaga kebersihan gigi dan mulut. Hal ini dapat dipelajari dari kebiasaan Moms membersihkan gigi dan mulut dua kali sehari di pagi dan malam hari. Dalam beberapa kasus, bau mulut tak sedap bisa disebabkan oleh kebersihan mulut yang tak terjaga dengan baik. Gigi rapuh dan berlubang, plak yang menumpuk, atau masalah gigi dan mulut lainnya dapat menjadi penyebab utama bau mulut tak sedap. Sebaiknya, Moms juga memeriksa lidah Si Kecil agar selalu bersih karena hal ini dapat menjadi tempat menumpuknya bakteri.

 

Sisa makanan di sela gigi

Salah satu penyebab bau mulut lainnya adalah karena adanya sisa makanan yang menumpuk di sela-sela gigi atau di gigi berlubang yang sulit dijangkau. Sisa makanan dengan ukuran kecil dapat menempel di sela gigi dan membusuk lalu menyebabkan bau mulut.

 

Penyakit

Mulut berbau tak sedap dapat menjadi tanda adanya penyakit yang dialami Si Kecil, seperti sinus atau infeksi tenggorokan. Selain itu, masalah yang berhubungan dengan pencernaan, seperti naiknya asam lambung atau muntah juga bisa menyebabkan bau mulut. Jika berkaitan dengan masalah ini, sebaiknya cek ke dokter untuk mengetahui penanganan yang tepat, ya, Moms!

 

Makanan

Mengonsumsi makanan yang berbau tak sedap, seperti bawang, dapat menyebabkan bau mulut pada Si Kecil juga, Moms. Selain itu, makanan dengan kadar gula yang tinggi juga bisa memicu bakteri berkembang biak yang menjadi penyebab bau.

 

Mulut kering

Mulai dari tertidur dengan mulut terbuka hingga adanya penyumbatan pada hidung dapat menjadi penyebab mulut kering yang menjadi awal dari bau mulut. Mulut kering disebabkan karena kurangnya jumlah air liur yang berguna untuk menghilangkan bakteri penyebab bau. Untuk itu, pastikan Si Kecil tidak memiliki masalah pernapasan dan selalu minum dengan cukup untuk menjaga mulutnya agar tidak kering.

 

Nah, itulah beberapa penyebab bau mulut pada Si Kecil yang paling umum. Agar kebersihan mulut dan giginya terjaga, biasakan agar Si Kecil menyikat gigi dua kali sehari dengan Kodomo Toothbrush Kids 6+ Fancy dan Kodomo Toothpaste Kids 6+ dengan Xylitol, Fluoride, dan Multivitamin untuk merawat gusi Si Kecil. Terdapat dua varian Strawberry Mint dan Orange Mint yang dapat membantu menjaga kesegaran napasnya sepanjang hari!


Perhatian! Login/Register terlebih dahulu untuk mengirim komentar

0 Komentar

Tidak ada komentar untuk artikel ini.